ANGGOTA KOMISI II DPRD KOTA TARAKAN KUNJUNGI KANTOR DISDIKBUD PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Hari ini kamis, tanggal 27 Februari 2020 bertempat di ruang rapat Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Disdkbud Dr. H. Sigit Muryono M.Pd.Kons didampingi Sekretaris Disdikbud serta pejabat eselon 3 dan 4 menerima kunjungan anggota Komisi II DPRD Kota Tarakan. Rombongan yang dipimpin langsung oleh ketua Komisi II DPRD Kota Tarakan Bapak Sofyan Udin Hianggio beserta Sekretaris Komisi II Yusuf Midu menyampaikan tujuan kunjungan rombongan anggota DPRD ini dalam rangka untuk bersilaturahmi dan dalam rangka kunjungan kerja dari program kerjanya Komisi II DPRD kota Tarakan yang membidangi bidang pendidikan dan untuk mensinergikan program pendidikan antara Provinsi Kalimantan Utara dan Kota Tarakan.
Pada kesempatan ini Kepala Disdikbud Prov.Kaltara menanggapi pertanyaan dari sekretaris Komisi II mengenai mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang sebentar lagi akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kalimantan Utara, yang mana harapannya PPDB tahun ini tidak lagi menjadi polemik yang berkembang di masyarakat sehubungan dengan masih diberlakukannya sistem Zonasi, Pada kesempatan ini Kadisdikbud juga menghimbau dan mengajak anggota Komisi II DPRD Kota Tarakan agar bersama-sama memberikan pengertian kepada masyarakat agar memahami dan mengikuti mekanisme PPDB.
Kadisdik juga menguraikan resiko-resiko yang terjadi apabila masyarakat tetap memaksakan kehendaknya untuk menyekolahkan anaknya di sekolah Favorit namun telah melebihi kuota yang tersedia di sekolah tersebut. Adapun resiko-resikonya yaitu : Siswa tidak terdaftar dalam sistem Dapodik, Siswa tidak bisa mengikuti UN, Kelas yang menampung siswa melebihi kuota yang sudah ditentukan dianggap sebagai kelas maya, sehingga tidak mendapat BOS dan guru yang mengajar dikelas tersebut tidak mendapatkan tunjangan sertifkasi.
Selain itu Kadisdik juga menjelaskan akan adanya penambahan Unit Sekolah Baru SMA Negeri 4 dan SMK Negeri 4 di Kota Tarakan, harapannya semoga dengan kehadiran Unit Sekolah Baru ini dapat menampung siswa yang berkeinginan untuk melanjutkan di sekolah negeri. Kadisdik juga berharap agar anggota Komisi II DPRD dapat bersinergi dengan sekolah- sekolah swasta yang ada di Kota Tarakan, agar memenuhi 8 Standar Pendidikan, sehingga pelayanan terhadap tuntutan masyarakat Kota Tarakan dapat terpenuhi dengan maksimal.
Rombongan anggota DPRD sangat mengapresiasi dengan baik, terobosan-terobosan yang dilakukaan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara dalam meningkatkan sumber daya manusia (peserta didik) dan pembinaan kebudayaan demi terwujudnya masyarakat Kalimantan Utara yang kompetitif dan bermartabat, sesuai dengan visinya. Ketua Komisi II DPRD Kota Tarakan, Bapak Sofyan Udin Hianggio berharap agar pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pembelajaran 2020 nanti harus sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan dan harus disosialisasikan kepada masyarakat agar hal ini dapat dipahami, dimengerti dan diterima oleh masyarakat dengan baik, sehingga permasalahan PPDB yang selama ini selalu dipersoalkan dapat diatasi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *