InformasiPendidikan

BINCANG BUDAYA

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara melalui UPT. Taman Budaya Provinsi Kalimantan Utara melaksanakan Bincang Budaya dengan Tema “Membangun Seni Rupa Kaltara”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Tanggal 14 November 2019 bertempat di Aula Gedung Gabungan Dinas Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Bincang Budaya Kaltara ini terbagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama Bincang Budaya ini menghadirkan pembicara-pembicara dari kalangan praktisi seni rupa Kaltara. Dani Pangalila, Corne Barboy, M. Khusni Tamrin, Yulius Ardianto, Amrin, Margi, Eri Prabowo, Dana Prastiyawardanu adalah seniman-seniman seni rupa yang menjadi pembicara pada Bincang Budaya Kaltara kali ini.  Banyak hal yang bahas mengenai bagaimana membangun Seni Rupa Kaltara. Topik ini menarik sekali terlihat dari banyaknya masukan-masukan yang diberikan oleh peserta Bincang Budaya. Diharapkan agar membangun Seni Rupa Kaltara  ini di mulai dari usia bangku sekolah, dengan memberikan pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan kepada siswa-siswa sekolah mulai tingkat sekolah dasar sampai dengan tingkat menengah atas.

Selain itu, pengalaman-pengalaman para pembicara menjadi motivasi bagi peserta Bincang Budaya. Bagaimana memulai karir sebagai seorang seniman seni rupa, bagaimana menuangkan ide, gagasan, kritikan bahkan perasaan dalam bentuk goresan cat yang tertuang dalam bentuk lukisan.

Pada sesi kedua acara Bincang Budaya Kaltara menghadirkan Pembicara dari UPT. Taman Budaya Kaltara. Eunike Suppa, ST (Kepala UPT. Taman Budaya Prov. Kaltara), Mekris Nurningsih, SE (Kasubag TU UPT. Taman Budaya Prov. Kaltara),  Eri Prabowo, S.Sn (Staf UPT. Taman Budaya Prov. Kaltara). Pada sesi ini dipaparkan kegiatan-kegiatan yang mendukung pelestarian Seni Rupa Kaltara untuk Program Kegiatan Tahun Anggaran 2020. Harapan dari peserta Bincang Budaya adalah tersedianya Galeri sebagai sarana untuk memamerkan hasil-hasil karya para seniman seni rupa. Selain itu  untuk mengedukasi masyarakat akan seni rupa khususnya seni rupa Kaltara.

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close