Informasi

Perusahaan di Kaltara, Sediakan Tempat Magang Siswa SMK

TARAKAN – Majelis Pendidikan Kejuruan Provinsi Kalimantan Utara mendukung pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan menjadi sekolah unggul dan mencetak tenaga kerja terampil di Indonesia. Kedepan diharapkan lulusan SMK di Kaltara siap kerja.

Ketua MPK Kaltara General Manajer PT. Citra Sawit Lestari Thomas Muda Nasution mengatakan dukungan yang bakal diberikan perusahaan dalam pengembangan kompetensi lulusan SMK, melalui pelatihan dan menurunkan tenaga terampilnya mengajar ke sekolah kejuruan dengan program yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri di Kaltara.

“Saya akan meminta perusahaan menugaskan orangnya setingkat manajer mengajar di SMK disesuaikan bidang keilmuannya di sekolah tempatnya mengajar. Kegiatan ini baru akan diberlakukan mulai tahun depan 2020,” tegas Thomas kepada fokusborneo.com (23/10/2019).

2019 ini untuk mempersiapkan kebutuhan yang nanti diperlukan, setelah program ini berjalan selama 2 bulan kedepan MPK kaltara menyiapkan master plan yang menjadi pedoman.

“Perusahaan mitra sekolah tidak hanya menurunkan tim untuk mengajar namun juga menyediakan tempat magang buat para siswa SMK. Setelah mereka lulus dan memiliki kompetensi bisa diprioritaskan saat ada perekrutan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan,” ungkapnya.

Untuk pembelajaran bisa dilakukan di pabrik sawit dengan cara mengirim siswa magang untuk persiapan bekal setelah lulus. Pabrik sawit yang akan mulai produksi di Kaltara diantarannya PT. Prima, PT. Kayan, PT. Sandi Makmur dan PT. Borneo.

“Empat perusahan tersebut sedang projek pembangunan. Perusahan-perusahaan ini nanti bakal banyak merekrut tenaga kerja makanya disingkronkan dengan jurusan yang ada di SMK diperbanyak untuk operator pabrik sawit itu,” jelasnya.

Sampai 2021 itu ada 4 perusahaan sawit yang akan membuka pabrik dan program pengolahan sawit yang nantinya bakal diberikan ke SMK yang ada di wilayah dekat Pabrik.

“Kebutuhan tenaga kerja di perusahaan sawit cukup banyak. Tidak hanya di pabrik sawit tetapi juga diperkebunan. Apalagi di Kaltara kedepan juga bakal dibangun Power Plan atau Pembangkit Listrik yang membutuhkan banyak tenaga kerja,’’ pungkasnya. (spo/aii)

Sumber :https://fokusborneo.com/perusahaan-di-kaltara-sediakan-tempat-magang-siswa-smk/

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Kirim Pesan Cancel
    Close