Informasi

MPK Kaltara Terbentuk, Perusahaan Diminta Ikut Bina SMK

TARAKAN – Majelis Pendidikan Kejuruan Provinsi Kalimantan Utara sudah terbentuk melalui musyawarah pemilihan majelis kemitraan pendidikan kejuruan dan industri Kaltara yang dilaksanakan di Hotel Harmonis Kota Tarakan, Rabu (23/10/19). Hasil musyawarah ini, menetap General Manajer PT. Citra Sawit Lestari Thomas Muda Nasution sebagai Ketua MPK Kaltara, Sekretaris Kepala SMK Negeri 2 Kota Tarakan FX. Sunaryana dan bendahara dari PT. Lamindo.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltara Dr. H. Sigit Muryono, M. Pd. Kons mengatakan pendidikan merupakan tanggungjawab bersama Pemerintah, sekolah dan masyarakat baik itu Orang tua, perusahaan maupun Organisasi Perangkat Daerah Lain. Terbentuknya MPK di Provinsi Kaltara diharapkan Sekolah Menengah Kejuruan segera direvitalisasi menyongsong keperluan dilapangan.

“Merevitalisasi SMK ini tidak bisa hanya dilakukan OPD pembina saja ini mesti bersama-sama artinya kita sudah melibatkan beberapa OPD, Kadin dan perusahaan mitra untuk bersama bagainana membina SMK agar sesuai dengan harapan dan talenta yang dimiliki anak didik bisa disalurkan. Selain itu juga bisa membuat kekhasan seperti di Tanah Kuning dibuka SMK yang terkait pengembangan industri karena nanti ada KIPI. Sebatik difokuskan bidang perikanan sebab hasil ikannya cukup tinggi begitu pula didaerah lainnya,” ungkapnya setelah menutup acara FGD Majelis Pendidikan Kejuruan Kaltara 2019.

Dihadapan peserta FGD yang dihadiri Seluruh Kepala Sekolah SMK se-Kaltara, OPD, perusahaan mitra Sigit menjelaskan revitalisasi ini untuk menyiapkan anak lulusan SMK bisa siap langsung kerja. Sekarang ini Disdikbud Kaltara sedang melakukan pemetaan SMK sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing.

“Keberadaan Majelis pendidikan ini bisa menjadi dasar pemetaan agar tidak satu zona membuka progam pendidikan yang sama sehingga saling melengkapi. Nantinya juga dilakukan uji kompetensi kejuruan dengan adanya perusahaan mitra atau lembaga sertifikasi mandiri guna membantu kemampuan atau kompetensi lulusan SMK,” terangnya.

Diharapkan adanya MPK bermanfaat untuk pengembangan tenaga terampil tingkat pelaksana di Kaltara. Sehingga yang dicanangkan pemerintah melalui visi Gubernur dan Wakil Gubernur kaltara yakni Kaltara kini dibelakang kelah terdepan melalui semboyan SMK bisa SMK bisa kerja tercapai. (spo/aii)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Kirim Pesan Cancel
    Close