Kebudayaan

PEKAN KEBUDAYAAN NASIONAL DAN TEMU KARYA TAMAN BUDAYA SE – INDONESIA

              Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan acara Pekan Kebudayaan Nasional pada tanggal 7 sampai 13 Oktober 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta. Salah satu kegiatan yang ada yaitu Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia. Pada kegiatan ini, UPT. Taman Budaya Kalimantan Utara ikut mengambil bagian pada perhelatan tersebut. Adapun materi yang ditampilkan adalah Tari Mejung Lepo. Tari ini menceritakan tentang kebersamaan, membangun dan mempertahankan seni serta kebudayaan yang ada di kehidupan  masyarakat Suku Dayak di Kalimantan Utara. Mereka sering mengadakan upacara adat, tari keperkasaan dan ketangkasan dalam berperang, bahkan cara berburu makanan di hutan. Hal ini mereka lakukan demi menjaga kearifan dan ketahanan tradisi leluhur nenek moyang mereka, yang mereka percaya akan tetap menjaga sampai ke generasinya. Tarian ini sangat indah, dibawakan oleh 4 penari laki-laki, 3 penari perempuan,          2 pemain sampe, 1 pemain kulintang, 1 pemain suling dan gendang. Pada akhir tarian dilakukan atraksi penyumpitan balon. Penonton yang menyaksikan tarian ini sangat antusias. Hal ini terlihat dari penuhnya tempat pertunjukan di Panggung Outdoor Depan (Utara), Istora Gelora Bung Karno.

               Setelah Tari Mejung Lepo selesai ditampilkan, dilanjutkan dengan pengalungan syal dan pemberian plakat, yang diterima oleh Kasubid Program, Evaluasi dan Dokumentasi Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik  Indonesia,Bapak Kuat Prihatin, S.Sos., M.M.

               Pada acara Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) juga diisi dengan Pameran Seni Rupa “Wajah Indonesia”, dimana hasil karya salah satu perupa asal Kalimantan Utara yaitu Yulius Ardiyanto ikut mengisi pameran tersebut.

               Acara Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2019 diakhiri dengan Pawai Budaya  “Digdaya Nusantara” yang dilepas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Prof. DR. Muhadjir Effendy, MAP.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Kirim Pesan Cancel
    Close