InformasiPendidikan

Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Hadir untuk Membantu Para Dosen Kaltara

TARAKAN – Dalam rangka membantu para Dosen di Kaltara, khususnya karya tulis ilmiah yang bertaraf internasional. Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti mengadakan “Klinik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional” bersama dengan MPW-ADI (Asosiasi Dosen Indonesia) Kalimantan Utara, Kamis 17 Oktober 2019, bertempat di Multifunction Hall Hotel Tarakan Plaza.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pendidikan Kaltara Dr. H. Sigit Muryono, M.PD., Kons, kegiatan yang dihelat hari ini, sengaja di sebut ‘Klinik’. Sama halnya dengan klinik kesehatan pada umumnya, Klinik Penulisan Jurnal Internasional tersebut didatangi oleh para Dosen yang dapat dikatakan sebagai ‘pasien’ klinik dan memiliki keperluan masing-masing.

“Mereka (para dosen) memiliki keperluan tersendiri dalam menulis karya tulis ilmiah yang berkaliber internasional dan medianya mungkin jurnal Scopus (pangkalan data pustaka yang mengandung abstrak dan sitiran artikel jurnal akademik), maupun yang lainnya,” jelas Dr. Sigit kepada benuanta.co.id.

Namun, tidak semua dosen dapat menjadi peserta dan ada persyaratannya. Para dosen diwajibkan membuat artikel yang menjurus kepada artikel ilmiah dan wajib menggunakan Bahasa Inggris dan yang melakukan seleksi adalah Kemenristekdikti. Dimana yang menjadi penyelenggara kegiatan adalah Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) dan dinaungi oleh Kemenristekdikti.

Di samping itu, untuk bisa disebut sebagai ‘Klinik’, di dalamnya harus memiliki ‘Dokter jaga’, dimana untuk kegiatan tersebut yang menjadi ‘Dokter jaga’ nya adalah para Ahli dan Ilmuan.

Sehingga apapun keluhan dari para pasien (Dosen), baik segi tata berbahasa Inggris, segi metode ilmiah maupun keluahan dari segi lainnya dapat dibahas dan dibantu oleh para Ahli dan juga para Ilmuan yang merupakan Dokter jaga di dalam Klinik tersebut.

Berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen mempunyai 3 tugas, yaitu pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Untuk bisa mengajar dengan baik harus diawali dengan penelitian dan itulah yang ditulis dalam karya ilmiah dan di masukkan dalam jurnal internasional yang menggunakan bahasa Inggris di dalamnya.

Untuk itu, pembukaan ‘Klinik’ sendiri sangat penting dan dibutuhkan oleh para Dosen. Selain itu, Dr. Sigit menyebutkan ada 3 persyaratan kenaikan pangkat dan pengembangan profesi untuk para Dosen. Pertama, KUM A yang merupakan pendidikan pengajaran. Kedua KUM B yang artinya penelitian dan yang ketiga, KUM C yang artinya pengabdian masyarakat.

“Untuk penelitian dan karya ilmiah (KUM B) dapat di wujudkan melalui karya-karya ilmiah berupa jurnal internasional, di samping hasil penelitian yang di jurnalkan. Metode ilmiah sendiri hanya sebagai pisau, bagaimana untuk mengupas mangga, mentimun dan sebagaiannya itu ada metode ilmiahnya dan itu di miliki oleh teman-teman yang jaga di Klinik ini,” sambungnya.

Lebih jauh, ia menuturkan yang memberikan nama ‘Klinik’ adalah Direktorat Jendral di Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) bersama dengan para panitia kegiatan.

Pemerintah Provinsi Kaltara sendiri hanya besinergi dan mendukung berjalannya kegiatan. Karena ujung dan hasil dari kegiatan tersebut adalah untuk kemaslahatan atau untuk kebaikan masyarakat di Kalimantan Utara.

Mewakili gubernur dan pemerintah, Dr. Sigit berharap Klinik Penulisan Jurnal Internasional dapat di kembangkan. Agar selain para dosen, semua jabatan fungsional tertentu juga bisa menjadi peserta.

“Semoga kedepannya para guru, perawat, pustakawan, widiyaiswara dan insatansi lainnya bisa ikut di dalamnya. Agar nantinya memiliki nilai tersendiri jika artikelnya dimuat pada jurnal internasional dan menjadi nilai positif bagi Kaltara,” tutup Dr. Sigit. (*)

Reporter : Renaldo Stefan
Editor : Nicky Saputra

Sumber :https://benuanta.co.id/2019/10/17/klinik-penulisan-artikel-ilmiah-hadir-untuk-membantu-para-dosen-kaltara/28866/14/14/58/

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Kirim Pesan Cancel
    Close