KebudayaanTeknologi

YUVAI SEMBARING BERAKSI DI BANJARMASIN

UPT. Taman Budaya Kalimantan Utara mendapat undangan untuk mengisi acara Karasminan Banua Seribu Sungai di Banjarmasin yang diadakan oleh UPT. Taman Budaya Kalimantan Selatan. Ini merupakan salah satu kesempatan untuk memperkenalkan seni budaya Provinsi Kalimantan Utara. 

Adapun materi karya yang dipentaskan adalah Tari Yuvai Sembaring yang dibawakan oleh Sanggar Tari Busak Malay.  Tarian ini menceritakan tentang Yuvai Sembaring yang sangat sakti, rendah hati, suka menolong dan gemar membuat Mandau yang merupakan senjata khas Suku Dayak. Ada kebiasaan unik dari Yuvai Sembaring yaitu melakukan hal-hal kebalikan dari yang diperintahkan. Seperti misalnya Yuvai Semaring diminta untuk membuat Mandau yang sangat cantik, maka yang akan dibuat oleh Yuvai Sembaring adalah Mandau yang sangat jelek. Begitu pun sebaliknya, jika diminta untuk membuat Mandau yang sangat jelek, maka yang akan dibuatnya adalah Mandau yang sangat cantik. Pada suatu hari Yuvai Sembaring menemukan sebuah gelang kaki atau beker yang ukurannya sangat besar. Dia beranggapan bahwa ada manusia yang lebih sakti dan lebih besar dari dirinya. Oleh karena itu dia melarikan diri ke arah pegunungan Krayan menuju Serawak, Malaysia. Dan hingga saat ini diyakini bahwa apabila gunung yang ada di Krayan itu berasap berarti Yuvai Sembaring telah kembali pulang. Dan gunung itu dinamai Gunung Yuvai Sembaring.

Dengan adanya acara Karasminan Banua Seribu Sungai ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan yang disajikan oleh seniman-seniman untuk meningkatkan kreatifitas berkesenian dan berkebudayaan.
Maju terus seni budaya Bangsa Indonesia

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat

)
    is typing...

    Fill in the form below to send us a message.

    Kirim Pesan Cancel
    Close